Dalam kehidupan sehari-hari kita tak lagi
bisa lepas dari kondisi dan industri semen, pembangunan terjadi di
mana-mana, perumahan, perkantoran, jalan dan jembatan, apartemen,
perbaikan bangunan dan lain sebagainya. Banyak sendi-sendi pembangunan
yang bergantung pada barang produksi ini yaitu semen.
Pabrik semen di Indonesia jumlahnya hanya
beberapa saja yang tersebar di berbagai wilayah dan pulau di Indonesia.
Jumlahnya yang masih sedikit sangat membutuhkan peran transportasi
untuk memindahkan produk semen ini dari kota ke kota, lintas propinsi
dan lintas pulau. Truk transportasi semen memegang peran vital dalam
distribusi produk ini.
Salah satu peran dalam bidang transportasi produk semen ini adalah kehadiran bulk carrier truck (truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki), karoseri tangki semen (bulk carrier truck) menjadi salah satu aspek penting dalam melestarikan dan pengangkutan semen terutama karena perhatian masyarakat umum sehubungan dengan isu-siu ekologi di abad modern ini. Kebanyakan ahli mengganggap bahwa perusahaan pembuat semen menjadi salah satu penyebab berbagai masalah lingkungan, terutama dampak emisi CO2 yang di timbulkan oleh kegiatan industri semen, dan industri semen menyumbang total emisi CO2 sebesar 5%.
Angkutan truk semen dengan model karoseri konvesional, debu dan serbuk semen yang tumpah ada kemungkinan tertiup angin di sepanjang perjalanan. |
Melestarikan/menjaga kualitas produk semen atau bahan-bahan curah kering lainnya bisa di lakukan dengan menggunakan truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki, ini bisa menjaga serbuk semen tumpah atau terbang tertiup angin dan tidak merusak lingkungan. Model karoseri tangki semen (bulk carrier) ini sangat baik terutama karena menyajikan fleksibilitas yang lebih tinggi, yang ideal untuk menangani bahan-bahan curah kering, termasuk semen dan transportasi mineral.
Karoseri bulk carrier trailer alumunium merk Paragon prduksi Paragorn Bodi Builder Truck USA, kuat rapi dan handal. Namun jika model seperti ini di pasarkan di Indonesia, apakah daya beli mendukung?. |
Karoseri tangki semen juga mudah di
pasang atau di instal ke atas chassis truk, karena tidak memerlukan
persiapan yang khusus, alat khusus, atau penggunaan teknologi tinggi
dalam industri karoseri. Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) juga
bisa di buat menggunakan sistem penggerak prime mover (trailer) yang
memungkinkan transportasi yang mudah dan dalam jumlah muatan yang banyak
dengan menggunakan trailer konvensional (trailer bulk carrier).
0 komentar:
Posting Komentar